10 Hal Yang Kamu Harus Tau Tentang Google Analytic
|

10 Hal Yang Kamu Harus Tau Tentang Google Analytic

frigmont.com – Untuk kamu yang memiliki bisnis dan punya media berjualan online seperti website harus tau Google Analytic. Apa sih google analytic? Tidak banyak yang paham dan menggunakan tools gratis dari Google ini. Ingin tau apa aja yang ada di dalamnya. Yuk simak 10 hal yang harus kamu pahami tentang Google Analytic.

1. Engagement Rate (Rasio Keterlibatan)

Engagement atau keterlibatan menunjukkan berapa lama seseorang berada di situmu. Namun, jika seseorang hanya mengunjungi satu laman dan kemudian Google analytics menempatkannya dalam kategori nol hingga 10 detik.

Jika konten utamamu adalah blog, Kamu mungkin akan mendapati bahwa kamu memiliki persentase orang yang sangat tinggi yang muncul dalam kategori nol hingga 10 detik. So, jangan khawatir!

2. Bounce Rate – Beyond the basics (Rasio Pantulan)

Jika seseorang masuk ke situsmu dan pergi tanpa pergi ke tempat lain, atau tidak aktif di halaman tersebut selama lebih dari 30 menit, ini dianggap sebagai Bounce Rate atau rasio pantulan.

kamu mungkin memiliki rasio pantulan karena kamu belum mengoptimalkan halaman dengan benar. Saat membuat pos di situsmu, kamu membuat ‘tag judul’ yang digunakan oleh Google untuk mengetahui kontennya. Jika judul ini tidak terkait erat dengan posting blog maka tidak heran jika pengunjung mungkin akan segera pergi. So, write good contents guys!

3. Custom Dashboards

Dasbor adalah tampilan satu halaman dari beberapa informasi terpenting yang relevan dengan bisnismu. Kamu bisa membuat dasbor untuk laporan yang ingin kamu jalankan setiap minggu. Saat laporan ini dibuat, otomatis dapat dikirim ke orang yang relevan. Membuat dashboard kustom cukup gampang.

4. Event Tracking

Sasaran dalam analisis Google memungkinkan Anda memantau banyak aktivitas di situs web dan melacak aktivitas adalah fungsi tambahan yang sulit dilacak dalam sasaran. Misalnya, jika Anda memiliki whitepaper di situs web Anda dan Anda ingin melacak unduhan, ini harus dilakukan dengan acara. Untuk melacak unduhan, Anda akan menambahkan kode tambahan ke tombol unduhan dan ini kemudian tersedia dalam analisis Google.

5. Advanced Segment

Google menyediakan banyak laporan online yang menunjukkan data milik kita, namun terkadang kita mungkin ingin menelusuri secara spesifik. Kamu bisa menerapkan segmen lain jadi kamu bisa menampilkan informasi yang sama persis kecuali kamu hanya melihat ‘Pengunjung baru’. Atau jika kamu ingin mengambil data lain untuk laporanmu kamu bisa menggunakan kriteria sesuai dengan apa yang ingin cari.

6. Intelligence Events

Ini adalah sistem peringatan untuk memperingatkan akun Google Analytic mu tentang sesuatu yang tidak biasa yang terjadi. Berikut adalah contoh peringatan otomatis yang dipicu bila ada lonjakan rasio bisa naik atau turun didapat dari konversi e-mail yang signifikan

Kamu juga dapat membuat custom untuk alert yang akan tayang sesuai kriteria yang ingin kamu setting seperti gambar berikut

7. Filters

Kita dapat menyiapkan filter di analytics untuk menghapus jumlah traffic dari laporan berdasarkan kriteria tertentu seperti gambar berikut

8. Annotations

Untuk setiap perubahan traffic yang terjadi pada data kita, Google Analytic memberikan fitur untuk menandai setiap perubahan yang terjadi agar kita bisa mengingat perubahan data tersebut.

9. Visitor Flow (Alur Pengunjung)

Alur pengunjung memungkinkan kita menganalisis traffic pengunjung masuk kehalaman apa pada situs kita. Pada contoh di bawah ini, filter traffic dari AS. Dari 9000 pengunjung 8000 dari mereka hanya mengunjungi satu halaman (7900 drop off)

10. Inpage Analytics

Inpage Analytic ini memungkinkan pengguna akun google analytic untuk melihat prosentase jumlah orang mengunjungi halaman situ website kita. Jika kita mendapatkan datanya kita dapat mengimprovisasi halaman tersebut untuk mengoptimalkan tujuan kita.

Baca Juga

Slot Gopay

Slot x500

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *