5 Daftar Negara Termiskin di Dunia, Warganya Hidup Sengsara hingga Rentan Konflik!
|

5 Daftar Negara Termiskin di Dunia, Warganya Hidup Sengsara hingga Rentan Konflik!

Memiliki predikat negara termiskin di dunia bukan keinginan suatu negara. Seperti yang kita tau meskipun memiliki sumber daya alam melimpah, belum tentu akan aman dari kemiskinan. Apalagi negara yang kerap dirundung konflik sosial ekonomi, kekacauan dalam pemerintahan, hingga krisis pangan dan kesehatan.

Menurut perkiraan IMF (International Monetary Fund), inilah 5 negara termiskin di dunia berdasarkan PDB per kapita PPP (Purchasing Power Parity). Dari top 5 ini, negara termiskin didominasi oleh negara Benua Afrika. 

Diketahui PDB (Produk Domestik Bruto) mengukur barang dan jasa suatu negara yang diproduksi setiap tahun. Lalu, PDB per kapita diperoleh dari membagi PDB dengan jumlah penduduk negara yang bersangkutan.

PDB per kapita hanya mengungkap sebagian saja karena biaya hidup dan inflasi dapat bervariasi antar negara. Maka di sinilah PPP berperan sebagai penetrasi untuk membuat perbandingan.

PPP mempertimbangkan biaya lokal dan tingkat inflasi untuk memberikan gambaran mengenai standar hidup di suatu negara. PDB per kapita PPP bisa digunakan untuk menentukan negara-negara termiskin di dunia.

1. Sudan Selatan

Negara dengan jumlah penduduk 11 juta jiwa ini, memiliki PDB per kapita PPP yang sangat rendah yaitu 515,75 USD.

Diketahui Sudan Selatan adalah negara termuda di dunia yang telah mendeklarasikan kemerdekaan pada 9 Juli 2011. Meski telah merdeka, Sudan Selatan masih dihantam gejolak ekonomi yang signifikan. Adanya ketidakstabilan politik, terbatasnya infrastruktur, hingga konflik yang tak kunjung mereda.

Mayoritas penduduk di negara bagian Afrika ini bergantung pada pertanian tradisional. Kekerasan dan perubahan iklim yang ekstrem seringkali menghambat produksi pertanian hingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat setempat.

2. Burundi

Burundi, salah satu negara di Afrika yang tidak memiliki laut. Negara yang merdeka tahun 1962 ini tercatat memiliki PDB per kapita PPP sebesar 891 USD.

Masyarakat Burundi didominasi pekerja tani yang mengandalkan pertanian subsisten. Meskipun didominasi petani, kewaspadaan akan krisis pangan di negara ini masih sangat tinggi dibandingkan dengan negara Afrika sub-sahara lainnya. Bahkan negara ini memiliki track record dengan angka stunting tertinggi di dunia. 

Selain itu, Burundi juga kerap diterpa ketidakstabilan politik dan konflik. Pada 2021 dan 2022 lalu, Burundi mengalami inflasi tinggi hingga 10 persen. 

Pertumbuhan penduduk Burundi yang terus melaju pesat dan diiringi banyaknya konflik sosial ekonomi menjadi pemicu Burundi masuk ke dalam top 5 negara termiskin di dunia.

3. Republik Afrika Tengah

Memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah seperti berlian, emas, minyak, hingga kayu, mengapa Republik Afrika Tengah malah masuk ke jurang kemiskinan? 

Diketahui nilai PDB per kapita PPP Republik Afrika Tengah sebesar 1.130 USD. Rupanya rendahnya PDB-PPP tersebut disebabkan oleh banyak faktor. Adanya ketidakstabilan politik, konflik bersenjata, hingga infrastruktur yang tidak memadai.

Selain itu, adanya kenaikan beberapa harga barang selepas perang Ukraina, siklus banjir, dan kekeringan parah juga semakin memperburuk ekonomi Republik Afrika Tengah.

Terkait kekayaan SDA seperti berlian, rupanya berlian adalah ekspor terpenting Republik Afrika Tengah. Berlian menyumbang pendapatan ekspor sebesar 40-50 persen. Akan tetapi diperkirakan antara 30 dan 50 persen dari yang diproduksi setiap tahun meninggalkan negara secara sembunyi-sembunyi.

4. Somalia

Somalia adalah negara yang terletak di ujung timur Afrika dengan pertumbuhan penduduk mencapai 18 juta jiwa. Nilai PDB per kapita PPP negara ini mencapai 1.370 USD.

Sama halnya dengan negara seperumpunannya, kemiskinan yang terjadi di negara Somalia disebabkan karena ketidakstabilan politik, terbatasnya infrastruktur, hingga krisis kemanusiaan selama bertahun-tahun. 

Somalia pun sudah dikenal dunia sebagai negara yang rentan mengalami perang saudara, konflik teritorial, dan pemerintahan yang tidak stabil.

5. Republik Demokratik Kongo

Republik Demokratik Kongo menempati posisi ke-5 sebagai negara termiskin di dunia versi IMF. Kaya akan kobalt dan tembaga tidak membuat negara ini bebas dari jurang kemiskinan. 

Diketahui PDB per kapita PPP Kongo sebesar 1.474 USD. Mengutip laman Forbes India, sekitar 62 persen masyarakat Kongo hidup dengan pendapatan kurang dari 2,15 USD per hari.

Adanya malnutrisi, terbatasnya akses pendidikan dan kesehatan, ditambah meningkatnya pertumbuhan penduduk jadi alasan negara ini dilanda kemiskinan terus-menerus.

Itu tadi lima negara termiskin di dunia. Apakah sudah ada yang pernah pergi ke negara di atas? Kalau ada komen di bawah ya!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *