5 Suku yang Ada di Indonesia dan Beserta Ciri Khasnya
|

5 Suku yang Ada di Indonesia dan Beserta Ciri Khasnya

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman suku bangsa dan budaya. Indonesia sendiri memiliki banyak suku dengan karakteristik masing-masing. Coba sebutkan lima suku yang ada di Indonesia.

5 suku tersebut tentunya hanya sebagian kecil saja dari seluruh suku yang ada di Indonesia. Karena menurut hasil sensus penduduk tahun 2010, ada sekitar 1.340 suku bangsa dan sub suku bangsa yang hidup di berbagai wilayah di Indonesia.

Sebutkan Lima Suku yang Ada di Indonesia dan Ciri Khasnya! Ini Jawabannya

Dikutip dari buku Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia karya Dr. Zulyani Hidayah, (2015) setiap suku memiliki ciri khas tersendiri yang mencerminkan identitas dan kekayaan budayanya.

Berikut ini adalah jawaban dari pertanyaan sebutkan lima suku yang ada di Indonesia dan ciri khasnya.

1. Suku Jawa

Suku Jawa adalah suku yang memiliki populasi terbesar di Indonesia, yaitu sekitar 41% dari jumlah penduduk. Suku Jawa berasal dari Pulau Jawa dan sebagian besar menetap di provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Suku Jawa memiliki ciri khas pada bahasa, seni, dan budayanya. Bahasa Jawa memiliki berbagai dialek, seperti dialek Mataram, Surakarta, Banyumasan, dan lain-lain. Budaya Jawa juga dikenal dengan nilai-nilai kearifan lokal seperti gotong royong, sopan santun, halus, dan hormat.

2. Suku Sunda

Suku Sunda adalah suku yang menetap di provinsi Jawa Barat. Populasinya mencapai 15,5% dari penduduk Indonesia atau terbesar kedua setelah Suku Jawa. Suku Sunda memiliki ciri khas pada bahasa, rumah adat, pakaian adat, dan seni budayanya.

Bahasa Sunda memiliki beberapa dialek, seperti dialek Priangan, Cirebonan, Banten, dan lain-lain. Rumah adat Sunda disebut rumah panggung yang memiliki atap berbentuk limas atau tajug.

3. Suku Batak

Suku Batak adalah suku yang berasal dari Sumatera Utara dan merupakan salah satu suku terbesar ketiga di Indonesia dengan populasi sekitar 3,6%.

Suku Batak memiliki sub suku yang berbeda-beda, seperti Batak Toba, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Angkola, Batak Pakpak, dan Batak Simalungun.

Ciri khas Suku Batak adalah amat menjunjung tinggi nama keluarga atau marga yang menunjukkan asal silsilah keluarga. Bahasa Batak juga memiliki variasi sesuai dengan sub sukunya.

4. Suku Bugis

Suku Bugis adalah suku yang berasal dari Sulawesi Selatan dan merupakan salah satu suku terbesar keempat di Indonesia dengan populasi sekitar 3%. Suku Bugis memiliki ciri khas pada bahasa, aksara, pakaian adat, dan kapal tradisionalnya.

Bahasa Bugis memiliki beberapa dialek, seperti dialek Wajo, Soppeng, Bone, dan lain-lain. Aksara Bugis disebut lontara yang ditulis dari kiri ke kanan.

Pakaian adat Bugis untuk perempuan disebut bodo dan untuk laki-laki disebut baju bodo. Kapal tradisional Bugis disebut pinisi yang digunakan untuk berlayar dan berdagang.

Demikian adalah jawaban dari pertanyaan sebutkan lima suku yang ada di Indonesia dan ciri khasnya.

5. Suku Betawi

Suku Betawi adalah suku yang mendiami wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Suku ini dikenal sebagai hasil perkawinan dari berbagai suku bangsa dan etnis yang datang ke Jakarta sejak abad ke-17.

Ciri khas Suku Betawi adalah kesenian Gambang Kromong yang memadukan budaya Tionghoa, Arab, Melayu, Portugis, dan Belanda. Selain itu ada juga tari-tarian seperti Tari Topeng Betawi dan Tari Cokek.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *