Ulasan tentang Semut, Serangga yang Memiliki Rasa Solidaritas Tinggi
| |

Ulasan tentang Semut, Serangga yang Memiliki Rasa Solidaritas Tinggi

frigmont.com – Jenis serangga yang memiliki rasa solidaritas tinggi adalah semut. Serangga merupakan salah satu makhluk hidup yang tersebar di seluruh dunia. Populasi serangga bahkan jauh lebih banyak dibandingkan hewan jenis lain ataupun manusia.
Ada banyak jenis serangga yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang paling umum dan banyak adalah semut. Di dunia, setidaknya ada lebih dari lima belas ribu jenis semut dan beberapa di antaranya ada di Indonesia.

Jenis Serangga yang Memiliki Rasa Solidaritas Tinggi

Ilustrasi Serangga yang memiliki rasa solidaritas tinggi adalah semut. (Foto: Barnabas Hertelendy | Unsplash.com)

zoom-in-white
Di dunia ini ada banyak jenis hewan, salah satunya adalah serangga. Mengutip buku Ensiklopedia Dunia Hewan untuk Pelajar dan Umum: Serangga, Kurnia (2019), serangga adalah hewan kecil berkaki dengan ruas-ruas dan termasuk kelompok invertebrata, yaitu hewan yang tidak memiliki tulang belakang.
Serangga yang memiliki rasa solidaritas tinggi adalah semut. Semut merupakan spesies serangga yang memiliki belasan ribu jenis dan tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia terdapat beberapa spesies semut yang dapat ditemukan. Apa saja jenis semut tersebut?

1. Semut Trotoar

Semut trotoar atau Tetramorium caespitum memiliki warna coklat gelap atau kehitaman. Semut ini memiliki panjang tubuh sekitar 3,175 mm. Semut trotoar mengkonsumsi berbagai makanan manusia atau hewan peliharaan. Sarang semut trotoar dapat dengan mudah ditemui di daerah sekitar kayu, batu, bahkan sumber air.

2. Semut Api

Semut api disebut sebagai Solenopsis spp. Semut api pekerja memiliki ukuran sekitar 3 mm hingga 12 mm. Sementara ratu semut api mencapai 15 mm. Semut api memiliki warna coklat tembaga. Namun, bagian perut memiliki warna yang lebih gelap.
Semut api mengkonsumsi makanan berprotein dan manis. Terkadang semut ini juga memakan hewan yang sudah mati seperti bangkai cacing tanah atau serangga lainnya.

3. Semut Hitam Rumah

Semut hitam rumah atau Ochetellus memiliki warna hitam yang mengkilat. Hewan ini memiliki panjang sekitar 2,5 mm hingga 3 mm. Semut hitam rumah biasanya berburu makanan di dapur. Hewan ini dapat membahayakan karena berpotensi menyebarkan bakteri Salmonella.

4. Semut Tukang Kayu

Semut tukang kayu atau Camponotus pennsylvanicus adalah semut yang tinggal di kayu. Biasanya di kayu yang lembab atau bagian kayu yang ada di pohon. Semut ini mengkonsumsi cairan yang manis, lemak, minyak, bahkan daging.
Jadi dapat disimpulkan bahwa serangga yang memiliki rasa solidaritas tinggi adalah semut. Hewan semut memiliki banyak spesies. Beberapa spesies tersebut bahkan dapat ditemui di rumah
Baca Juga

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *