Kamu Harus Tau!!,Efek Gigitan Ular Pelangi pada Tubuh Manusia
| |

Kamu Harus Tau!!,Efek Gigitan Ular Pelangi pada Tubuh Manusia

frigmont.com – Sebagai hewan yang dikenal berbahaya, banyak orang yang takut dengan efek gigitan ular, termasuk ular pelangi. Walau tidak berbisa, tetap saja perlu waspada terhadap efek gigitan ular pelangi.
Lalu, apa dampak yang diberikan jika terkena gigitan ular pelangi? Bagaimana cara untuk mengatasinya? Untuk ulasan lebih jelas dan lengkap, simak di bawah ini.

Mengenal Ular Pelangi dan Efek Gigitannya

Ilustrasi ular pelangi. Sumber foto: Unsplash

zoom-in-white
Dilansir dari situs The National Parks, ular pelangi atau xenopeltis unicolor, adalah salah satu spesies ular tidak berbisa yang dapat ditemukan di Asia Tenggara dan beberapa wilayah di Indonesia.
Ular primitif ini termasuk unik dan dikenal memiliki sisik berwarna-warni. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan bereproduksi dengan cepat, dan bisa bertelur hingga 10 butir sekaligus.
Walaupun sama-sama disebut sebagai ular pelangi, xenopeltis unicolor berbeda dengan rainbow snake asal Amerika. Di mana keduanya memiliki nama ilmiah, negara asal, dan habitat tersendiri.
Ular pelangi merupakan kerabat dekat dari python dan boa, di mana ketiganya sama-sama tidak memiliki bisa untuk meracuni manusia. Jadi, efek yang diberikan dari gigitan ular pelangi hanyalah luka.
Namun, tetap saja untuk harus selalu berhati-hati. Pasalnya, serangan utamanya adalah lilitan, sehingga tidak boleh sembarangan dipegang tanpa pengawasan seorang yang profesional.

Fakta Unik Ular Pelangi

Ular pelangi ternyata memiliki sejumlah fakta unik, di mana hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. Berikut fakta uniknya:

1. Habitat di Darat dan Suka Berburu di Malam Hari

Salah satu keunikan dari ular pelangi adalah habitat mereka yang sepenuhnya berada di darat. Selain itu, mereka lebih suka berburu di malam hari, sementara saat siang mereka bersembunyi di dalam lumpur.

2. Terdapat Irifodor di Kulit

Irifodor merupakan sel pigmen kulit yang dapat memantulkan cahaya. Hal inilah yang menyebabkan kulit ular pelangi terlihat seperti memiliki banyak warna cantik.

3. Sulit Dipelihara

Ular pelangi termasuk jenis yang susah untuk dipelihara. Pasalnya, mereka dikenal sangat introvert dan suka menyendiri. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, mereka akan menyerang kita dengan cara melilit atau mengigit.
Itulah dia pengertian ular pelangi, beserta efek gigitan dan fakta uniknya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *