Baby Bump Artinya Apa, Ya? Berikut Fakta yang Harus Kamu Tahu!
| |

Baby Bump Artinya Apa, Ya? Berikut Fakta yang Harus Kamu Tahu!

frigmont.com – Ketika Mama hamil, sudah pasti akan ada beberapa perubahan yang dialami Mama setiap harinya. Beberapa perubahan tersebut salah satunya adalah munculnya baby bump! Baby bump artinya sendiri apa, ya?
Mungkin ada beberapa Mama-Mama yang sudah dengar sekilas tentang arti dari baby bump, tapi ada juga kamu yang belum mengetahuinya. Mama sendiri dulu juga tidak tahu lho Ma, baby bump artinya apa. Kemudian salah satu keluarga Mama memberi tahu jika baby bump itu hal yang normal terjadi di masa kehamilan.
Sebagai sumber pengetahuan kamu, Mama sudah rangkumkan arti dari baby bump serta beberapa fakta menariknya yang tidak akan mau kamu lewatkan. Simak di bawah ini yuk Ma!

Baby Bump Artinya Apa, Ya?

Ilustrasi baby bump artinya dan fakta menariknya (Sumber: iStock)
Baby bump secara singkatnya merupakan sebutan dari kondisi perut ibu hamil yang mulai membesar. Meskipun baby bump menjadi salah satu perubahan pada tubuh saat masa kehamilan, namun baby bump bukanlah tanda-tanda kehamilan.
Baby bump sendiri terjadi karena beberapa hal normal selama masa kehamilan. Kondisi baby bump kamu juga akan semakin bertambah besar seiring dengan berjalannya waktu hingga akhirnya kamu menjalani persalinan, Ma.
Beberapa dari kamu yang mengalami kehamilan pertama biasanya belum memiliki baby bump hingga usia kehamilannya mencapai 20 minggu. Hal ini adalah normal ya Ma, karena saat hamil anak pertama, baby bumpnya cenderung muncul lebih lambat dibandingkan kehamilan ke-2 dan seterusnya.
Karena kamu sudah tahu arti dari baby bump, Mama juga mau share nih beberapa fakta menarik berkaitan dengan baby bump pada ibu hamil. Berikut fakta-faktanya!

Fakta Menarik Baby Bump

Ilustrasi baby bump artinya dan fakta menariknya (Sumber: iStock)

1. Kemunculan Garis Hitam di Baby Bump

Di masa kehamilan Mama yang usianya 23 minggu, tak jarang akan muncul garis hitam pada baby bump yang disebut juga dengan linea nigra. Meskipun linea nigra, atau disebut juga kelainan kulit akibat perubahan hormon, namun perubahan ini normal terjadi ya pada ibu hamil.
Linea nigra yang muncul akan terbentang secara vertikal di sepanjang baby bump kamu. Selang beberapa bulan setelah melahirkan, linea nigra akan menghilang kok, Ma. Jadi, kamu tidak perlu khawatir berlebihan.

2. Muncul Stretch Mark di Perut

Salah satu perubahan yang sering muncul bersamaan dengan baby bump ialah kemunculan stretch mark di abdomen kamu! Stretch mark merupakan tanda garis-garis yang terbentuk akibat lapisan di bawah kulit tertarik seiring dengan perut yang membesar.
Biasanya stretch mark akan muncul di minggu ke-13 sampai minggu ke-21 kehamilan kamu, Ma.

3. Pusar yang Bentuknya Menjadi Keluar

Mama memiliki pusar yang bentuknya cenderung masuk? Biasanya saat kehamilan pusar kamu bentuknya akan berubah menjadi keluar lho, Ma.
Hal ini terjadi saat kandungan kamu usianya masuk minggu ke-26 minggu lebih. Keadaan ini normal, karena pusar kamu akan kembali menjadi seperti semula setelah melahirkan anak.

4. Perut Kembung Bisa Membuat Baby Bump Nampak Lebih Besar

Mengalami perut kembung saat hamil bisa membuat baby bump kamu nampak lebih besar lho, Ma. Biasanya perut kembung yang terjadi pada ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormon. Baiknya Mama segera mengatasi kembung di masa kehamilan ini ya, Ma. Misalnya, kamu bisa memperbanyak minum air putih serta memperhatikan asupan makanan kamu.
Itulah arti dari baby bump berserta fakta menariknya sebagai informasi tambahan kamu. Memang saat mulai muncul baby bump akan ada beberapa perubahan tubuh lainnya pada ibu hamil.
Namun, selama perubahan di tubuh kamu itu lumrah terjadi, maka kamu tidak perlu cemas berlebih ya, Ma. Tetap konsultasikan kondisi kehamilan kamu dengan ahli agar ibu dan janin selamat hingga persalinan nanti.
Baca Juga:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *