5 Pengaruh Mencairnya Es Kutub terhadap Indonesia yang Perlu Diketahui
|

5 Pengaruh Mencairnya Es Kutub terhadap Indonesia yang Perlu Diketahui

frigomont.com – Mencairnya es kutub utara dan selatan, seperti di wilayah Antartika memiliki dampak yang serius. Meskipun Indonesia terletak jauh dari kutub, pengaruh mencairnya es kutub terhadap Indonesia tetap akan berdampak tidak baik.

Dikutip dari Buku Pengantar Antartika, Gilad James, Antartika adalah prioritas lingkungan penting, karena ekosistemnya yang unik dan ancaman perubahan iklim global.

Benua ini terletak di Kutub Selatan Bumi dan merupakan benua dengan iklim terdingin di seluruh dunia.

5 Pengaruh Mencairnya Es Kutub Terhadap Indonesia

Es kutub di utara dan selatan mencakup 10 persen dari permukaan Bumi. Di peta wilayah Asia dapat terlihat dampak melelehnya es kutub pada Indonesia.

Lantas, apa saja pengaruh mencairnya es kutub terhadap Indonesia tersebut?

1. Kenaikan Permukaan Air Laut

Salah satu dampak langsung mencairnya es kutub yaitu kenaikan permukaan air laut. Mencairnya es di Antartika dan Arktik menyebabkan volume air laut menjadi meningkat.

Kenaikan permukaan air laut tersebut dapat mengancam wilayah pesisir Indonesia, terutama pulau-pulau kecil dengan risiko banjir, dan abrasi pantai.

2. Gletser 300 Km di Pegunungan Himalaya Diprediksi Ikut Mencair

Selanjutnya, gletser kurang lebih 300 km di Pegunungan Himalaya juga diprediksi ikut mencair apabila es kutub mencair. Air yang dilepas oleh gletser yang mencair dapat mengalir ke sungai dan selanjutnya ke lautan yang mengakibatkan kenaikan permukaan air laut.

3. Perubahan Cuaca

Mencairnya es kutub ikut mempengaruhi pada perubahan cuaca global. Indonesia mengalami dampaknya dalam bentuk cuaca yang lebih ekstrim, seperti musim hujan yang lebih intens, suhu panas yang lebih sering, atau kekeringan yang berkepanjangan.

4. Ancaman Keanekaragaman Hayati

Mencairnya es kutub bisa memicu perubahan iklim yang dapat memengaruhi ekosistem laut dan darat. Suhu air laut yang meningkat dapat merugikan terumbu karang, sedangkan kenaikan suhu udara dapat mengubah habitat flora dan fauna.

5. Penyakit dan Kesehatan Masyarakat

Perubahan iklim yang dipicu mencairnya es kutub juga bisa berdampak pada kesehatan masyarakat. Peningkatan suhu dapat memperluas sebaran penyakit hingga risiko bencana alam.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *