|

5 Objek Bumi yang bisa Terlihat dari Stasiun Luar Angkasa, Kamu Harus Tau!!

frigmont.com – Pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya melihat bumi dari stasiun luar angkasa di atas sana? Yang kita lihat bukan hanya birunya laut atau awan yang terbentang, tetapi juga struktur buatan manusia dan fenomena alam yang memukau.

Walaupun jarak antara stasiun luar angkasa dengan permukaan laut sekitar 400 kilometer, tetapi ada banyak objek bumi yang diabadikan dari sana. Berikut beberapa di antaranya!

1. Great Barrier Reef

Di timur laut Australia terdapat koleksi terumbu karang terbesar di dunia yang bernama Great Barrier Reef. Menurut UNESCO, ada sekitar 400 jenis karang, 1.500 spesies ikan, dan 4.000 jenis moluska (invertebrata bertubuh lunak seperti siput dan gurita).

Gambar di atas adalah bagian selatan Great Barrier Reef di lepas pantai Queensland, yang diperoleh dari Medium Resolution Imaging Spectrometer (MERIS) Envisat pada 8 November 2010.

2. Tembok Besar China

Rasanya, hampir semua orang tahu Tembok Besar China. Ini adalah tembok yang membentang sepanjang 21.196 kilometer. Sebagian besar tembok berada di utara China, tetapi ada yang terletak di selatan.

Gambar ini diambil oleh Alexander Gerst, astronot sekaligus ahli geofisika Jerman kelahiran tahun 1976 yang merupakan bagian dari European Space Agency. Ia mengambilnya dengan lensa tele 800 mm.

3. Pegunungan Himalaya

Himalaya adalah pegunungan tertinggi di dunia yang membentang sepanjang 2.500 kilometer di Benua Asia. Dari 10 puncak tertinggi di dunia, 9 di antaranya berada di Himalaya, termasuk Everest (8.849 meter di atas permukaan laut).

Sama seperti sebelumnya, gambar ini diperoleh dari MERIS Envisat pada 20 Februari 2009. Warna merah pada gambar ini sebenarnya adalah vegetasi yang subur dan hijau.

4. Sungai Amazon

Objek lainnya yang terlihat dari stasiun luar angkasa adalah Sungai Amazon. Ini adalah sungai terpanjang kedua di dunia (6.992 kilometer) setelah Sungai Nil di Afrika.

Dilansir Britannica, air sungai ini berasal dari Pegunungan Andes di Peru, lalu mengalir ke Ekuador, Kolombia, Venezuela, Bolivia, dan Brazil, kemudian berakhir di Samudra Atlantik.

5. Palm Islands, Dubai

Seperti namanya, kepulauan buatan yang dibangun di atas tanah reklamasi ini berbentuk seperti pohon palem. Palm Islands pertama kali dibangun pada tahun 2001.

Sebagian besar isinya adalah resort dan hotel mewah, serta pusat perbelanjaan dan restoran. Gambar ini diambil oleh Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer pada 18 September 2006.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *